Wednesday, June 27, 2012

Mata Kuliah Teknik Sipil UNJ Semester 2

Jurusan : Teknik Sipil
Perguruan : Universitas Negeri Jakarta
Tahun angkatan : 2011
Semester : 2

Inilah saat kita berada si semester 2.
Mata Kuliah yang dapat diperoleh dan Deskripsi :
1. Pendidikan Agama Islam , Terdiri dari 3 SKS. Mata kuliah ini mengajarkan tentang dasar-dasar teori dan pemikiran terkait ilmu agama islam secara lebih mendalam.

2. Ilmu Bahan Bangunan, terdiri dari 2 sks. Mata kuliah ini mamparkan tentang bahan-bahan dasar yang biasa digunakan dalam konstruksi banguan. Contohnya yaitu semen, plastik, batu alam dan lain-lain. Lebih bersifat teori.

3. Mekanika Teknik II , terdiri dari 2 sks. Mata kuliah ini mengajarkan tentang cara penghitungan momen dalam benda statis seperti sendi-sendi dalam bangunan. Metode-metode penyelesaian penghitungan akan diterapkan disini. Lebih bersifat kalkulasi angka/Hitungan.

4. Teknologi Beton, merupakan mata kuliah yang memaparkan tentang Beton sebagai bahan bangunan. Beton disini akan dibahas secara detail mulai dari sifat-sifat, pembuatan, dan penghitunganya.

5. Pengantar Ilmu Pendidikan , memaparkan tentang hakikat dasar dalam ilmu pendidikan. Nilai filosofis dalam metode pengajaran dan dimensi-dimesi dalam pendidikan. Mata kuliah ini diadakan karena mengingat Universitas Negeri Jakarta adalah kampus Pendidikan.

6. Struktur Kayu I, merupakan mata kuliah yang membahas tentang dasar-dasar kayu dan penghitunganya dalam penggunaanya.

7. Menggambar Teknik II dan CAD, memaparkan tentang dasar-dasar dalam menggambar bangunan baik secara manual maupun menggunakan bantuan komputer.

8. Konstruksi Bangunan II , memaparkan tentang dasar-dasar ilmu bangunan dan komponen dari suatu konstruksi seperti, konstruksi atap, tangga dll.

9. Matematika dasar II , mengajarkan kita tentang dasar penghitungan matematika untuk diterapkan pada penghitungan struktur teknik.

10. Praktik Batu/ Beton, kuliah berbentuk praktik yang mengajarkan kita tentang praktik langsung penyusunan bata, beton dalam lapangan.

Itulah mata kuliah yang dilalui mahasiswa Teknik sipil UNJ semester 2.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment