Lewat Karya Tulisan (Sebuah Pengantar Call For Paper)

Oleh: Annisa Dewanti Putri

    Menjadi pemuda adalah bagian produktif di masa hidup sebagai manusia. Sebagaimana banyak ahli dan tokoh menyebutkan bahwa kekuatan pemuda melebihi daripada kekuatan manusia di masa lainnya. Utamanya mahasiswa, sebagai bagian daripada masyarakat muda memiliki arti sendiri dalam sebutannya. Ia adalah manusia yang berdiri netral dan seharusnya bisa berkontribusi tanpa pamrih untuk kemajuan bangsa.

    Saat ini, kegiatan volunteering menjadi hal yang tak asing lagi di dunia kampus dan kepemudaan. Dibutuhkanya aktivis dan penggiat tanpa orientasi uang semata menjadi panggilan tersendiri bagi mereka. Tak hanya itu, produktivitas berupa karya menjadi bahan pertimbangan yang lain bagi pemuda dalam menjalani proses pembelejarannya.

    Tak heran, jika seorang pemuda, terkhusus pemuda dituntut untuk terus berkarya baik berupa objek konkrit, karya lisan, maupun lewat tulisan. Tulisan dapat menjadi wadah dokumentasi khasanah pengetahuan bagi individu, baik disekitarnya maupun untuk individu di generasi berikutnya.

    Tulisan nonfiksi yang mengarah kepada karya tulis dan penelitian menjadi jembatan pengembangan dalam budaya literatur dan keilmiahan. Biasanya, karya ini dipertanggunjawaban melalui bentuk konferensi atau summit, symposium dll. Hal tersebut agar terjadi sebuah pertukaran pemikiran dengan bidang ilmu relative dalam melihat objek tersebut. Berikut adalah beberapa uraian singkat mengenai tips dan informasi terkait konferensi dan publikasi paper yang bisa diikuti.
Berikut beberapa tips jika ingin berpartisipasi dalam suatu agenda kegiatan keilmiahan (Konferensi, Summit, Forum, maupun symposium):
  1. Persiapkan ide penelitian/karya, diusahakan relevan dengan latar belakang pendidikan.
  2. Buatlah abstrak dan outline sementara sebelum masuk ke bagian full paper.
  3. Dalam sebuah paper ilmiah umum, biasanya bagian terdiri dari abstrak, 
  4. Carilah agenda kegiatan yang memiliki sub tema yang bisa melingkupi latar belakang keilmuan atau topic area dari ide yang dibahas.
  5. Sesuaikan format penulisan dengan kegiatan yang ada.
  6. Dalam pembuatan full paper mengaculah pada banyak buku dan jurnal dengan penelitian yang relevan, hindari pengutipan langsung dari jejaring maya.
  7. Untuk pendanaan, hubungi pihak yang bisa terkait dengan bidang ide/penelitian paper. Pihak terebsebut dapat dimasukkan ke dalam bagian  Acknowledgement pada paper.
Gambar: Salah satu website yang mewadahi dalam Pencarian jenis acara/konferensi/forum yang bisa kita ikuti

Untuk mencari info terkait dengan kegiatan nasional maupun internasional yang bisa diikuti dapat melalui banyak cara, salah satunya melalui cara berikut:
  • Jika aktif dalam facebook, bisa diikuti page Youth Opportunities (https://www.facebook.com/YouthOpportunities atau banyak page lain serupa.
  • Beberapa website menyediakan pengingat dan timeline untuk setiap konferensi yang dilaksanakan di beberapa Negara seperti:  http://www.conferencealerts.com/  
  • Jika aktif dalam twitter, bisa di follow @tweetkuliah , akun ini memliki banyak tweet terkait acara yang melibatkan pelajar, pemuda dan mahasiswa baik nasional maupun internasional.
  • Atau banyak cara lain dengan menelusuri sendiri melalui search engine sesuai kata kunci atau diikuti Negara tujuan, misal: Youth Conference 2015, Engineering Summit, Asia Economic Forum, Lomba Karya Tulis Nasional 2015, International Social Conference dll.
Rawamangun, Jakarta Timur,
1 April 2015
**Disampaikan saat menjadi pembicara dalam kajian Rebo, Asrama Sunan Giri

0 comments:

Copyright © 2013 Re-Write and Re-Sketch