Mewarnai Secarik Kertas

Percobaan pertama dengan watercolour dan kertas Linen. 2016.
Menyoal pewarnaan. Warna awalnya kuanggap menyeramkan untuk dipelajari. Ia bisa menjadikan oretan terlihat nyata berwarna, namun bisa juga menjadikan gambaran tak jelas kabur tanpa makna.

Belajar sedikit mengenai dasar-dasar pewarnaan dari Ka Sari Atika memberikan sedikit warna dasar pada secarik kertas. Sebagai alah satu anggota Komunitas Lukis Cat Air Indonesia (KOLCAI) dan juga bagian daripada Indonesia Sketcher (IS), ia tak pernah bosan menyeka kuas berwarna ke berbagai macam kertas yang ada.

“Macam-macam kertas ada banyak bergantung dari bagaimana efek dan tekstur dasarnya,” jelas Ka sari sambil mengeluarkan beberapa kuas yang nampak sedikit kering. Beberapa jenis diperkenalkan padaku yang masih awan soal pewarnaa, terkhusus pewarnaan menggunakan cat air. Ada jenis kertas, namun yang paling umum yaitu rough, hot press (HP) dan  Cold Pressed (CP). Sementara untuk rough memiliki tekstur kasar , HP sedikit kasar dan CP adalah yang paling halus.

Jenis dan merk kertas yang bisa ditemukan semakin bervariasi di toko yaitu Fabriano, Pigmen, Cagria Canson, Italian Paper, Monfall, dll. Saat itu aku yang masih pemula disarankan untuk mencoba dengan kertas Linen bertekstur sedikit kasar dengan guratan tegak lurus horizontal dan vertikal. Kertas ini cukup tebal dengan daya serap yang lumayan dan setelah kering tidak terlalu merusak kerapihan kertas.

Untuk menjaga kerapihan kertas tersebut ia menyarankan untuk menggunakan masking tape saat mewarnai. Di temple pada sisi ujung kertas dan bisa dicabut kembali tanpa merusak kertas hasil karya kita.

“Untuk menghasilkan warna terbaik, harus banyak mencoba dan mencampur,” ujarnya. Mewarnai dengan cat air di kertas memang akan berbeda dengan mewarnai menggunakan acrylic dan cat minyak. Di kanvas warna bisa ditumpuk dan dicampur saat tertempel di permukaan.

Namun, khusus di kertas dengan cat air, palet memiliki peranan yang cukup penting. Benda ini bisa membantu kita menaruh secuil cat untuk selanjutnya di campur-campur sesuai warna. Carilah sebidang papan untuk dijadikan palet atau bahkan sekarang sudah banyak beraneka macam palet cetakan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk beberapa campuran warna terkhusus putih tidak perlu digunakan jika dasar krts berwarna putih. Cukup gunakan masking fluid atau lilin jika bagian itu tak ingin diwarnai atau mungkin dibiarkan putih.

Untuk saran akhir yang diberikan Ka sari untuk pemula bisa menggunakan cat air pental, dua dasar kuas untuk melukis dan secarik kertas linen yang dibeli secara meteran. Jadi kertas tersebut bisa dibagai ke dalam beberapa lembar. Harga kertas akan menjadi lebih murah jika dibandingkan membeli satu plastik yang hany berisi empat lembar. Sementara menggunakan kertas meteran bisa mendapatkan lebih dari tujuh lembar jika dipotong sendiri.

Pada dasarnya mengetahui variasi warna adalah dengan banyak mencoba mencampur dan menwarnai menggunakan cat air tak hanya melibatkan pencampuran dengan pigmen, tapi juga dengan air.

0 comments:

Copyright © 2013 Re-Write and Re-Sketch