Dikejar Zombie Korea (Train to Busan)

Oleh: Annisa Dewanti Putri


 Judul Film: Train To Busan
Tahun : 2016
Genre: Sains Horor
Sutradara: Yeon Sang-H

Film yang menyerempet ke arah science fiction sekaligus ini judulnya "Train to Busan." Awal mula judul film terkesan tak nampak horor. Melihat beberapa screenshot yang terpapar di website juga tak begitu terkesan sadis layaknya film zombie horror lainnya.

Film yang disutradarai Yeon Sang-Ho bagaimanapun juga patut di apresiasi mengingat sedikitnya film bertemakan zombie di area Asia yang digarap. Dengan sedikit nuansa drama ala Korea, Gong Yao berhasil berperan baik sebagai seoarang ayah dari Su-An yang berpisah dari Ibunya.

Di hari ulang tahun, Su-An mendapatkan hadiah special dari ayahnya untuk bisa mengunjungi Ibunya di Busan menggunakan kereta KTX. Namun, sebelum mereka berangkat, ada kejadian tabrakan yang dilakukan oleh perusahaan milik Seok-Woo yang ternyata menjadikan rusa tersebut berubah menjadi Zombi/mayat hidup.

Di hari keberangkatan, seorang manusia yang terinfeksi masuk ke gerbong kereta KTX yang menuju Busan dan menjangkiti banyak manusia lain. Zombi pun bertambah banyak. Mereka mendapatkan info bahwa di kota Busan masih memiliki zona nyaman.

Hingga pada akhirnya, semua tokoh dalam kereta kecuali Su-An bersama seorang wanita yang berhasil menjangkau Busan sebagai ujung tujuan terakhir yang masih memiliki markas zona aman dan tidak terinfeksi.

Grafis terlihat lumayan untuk efek suara dan setting (tempat). Hanya saja untuk detail make up dan riasan tidak sebagus film serial atau bioskop bertemakan zombie lainya. Alur cerita memang lebih dibuat simpel karena mentitikberatkan pada kisah pertahanan penumpang yang mencoba selamat dari gigitan Zombi.

Ada beberapa hal yang akan membuat penonton geram akibat tindakan yang dilakukan mereka karena nampak tak masuk akal dan ceroboh. Hanya saja, mungkin itu adalah bagian dari scenario untuk menimbulkan sensasi kala suasana seperti itu. Secara keseluruhan film Train to Busan cukup menghibur dan menarik.

0 comments:

Copyright © 2013 Re-Write and Re-Sketch