Keliling Museum Beijing: Aviation Museum, Paleozoological Museum, & 798 Art District

Live Sketching Aviation Museum (Beihang). Penulis2016
Beijing, sebagai Ibukota negeri Zhong Guo tentunya banyak menawarkan berbagai wisata urban yang bisa jadi merayu pengunjungnya untuk merogoh kocek lebih dalam. Tetapi, jangan salah kota ini juga dipenuhi wisata kultural yang edukatif juga biayanya terjangkau.

Bagi pecinta museum, jangan lewatkan beberapa spot melihat eksebisi dan galeri-galeri unik di Beijing. Tulisan ini akan sedikit membahas beberapa musium yang pernah dikunjungi penulis diantaranya Space Museum Beihang, Paleozoological Museum, 798 Art District dan beberapa musium lain,

Keliling Gudang Pesawat

Musium ini bukan landasan pacu atau bandar udara tempat untuk lepas landas. Tapi masuk tempat ini membawa kita pada dunia Aeuronotical tanpa bintang-bintang di sekitarnya. Artinya, benda-benda yang dipamerkan hanya sekedar pesawat, roket replika dan berbagai hal berbau aerodinamika alias penerbangan.

Museum ini letaknya tepat di kampus Beihang University (Beijing Hangkong Hangtian Daxue). Tepatmya di depan gedung utama kampus Aeronotikal samping lapangan kampus Beihang. Untuk menjangkaunya jika dari stasiun Subway bisa menggunakan line 13 untuk menuju Zhichunlu. Stasiun itu sudah tepat berada di sebelah komplek Beihang.

Bicara soal tiket masuk, untuk pelajar cukup menunjukkan kartu pelajar, atau untuk pekerja dan lainnya tunjukkan identitas. Maka tiket masuk akan didapat secara gratis. Untuk sekedar selingan mengisi waktu wisata, museum ini bisa jadi alternatif untuk dikunjungi, terutama untuk para pecinta museum dan pecinta ruang angkasa.

Penampakan Museum




Bertemu Dinasaurus 



Wisata ini sangat cocok jika pengunjung berada di sekitaran Beijing Zoo. Letaknya persis di depan pintu masuk kedua. Posisi museum juga tak jauh dari Beijing Planetarium, jadi sambil menyelam minum air, tiga spot tempat wisata disini bisa dinikmati.

 Biaya masuk adalah 20 RMB untuk umum, jika bisa menunjukkan kartu pelajar/mahasiswa menjadi 10 RMB. Ada tambahan biaya lain jika pengunjung ingin menikmati sinema 4D. Ada 3 zona yang bisa dinikmati. Zona utama adalah zona tentang dinasaurus yang terdiri dari tiga lantai. Disini dipaparkan segala hal tentang perkembangan dinasaurus di negeri Zhonguo.

Jika beralih ke ruang lain, ada ruangan khusus tentang perkembangan manusia dan zaman batu. Disini bisa melihat replika soal perkembangan Homo Sapiens dari waktu ke waktu. Jika bergeser menuju pintu luar maka kita bisa tengok tentang pameran kecil dengan lukisan-lukisan dan patung mamoth.

Ada satu hal yang membuat diri ini tertarik setelah keluar dari dari museum Paleozoological, yaitu gedung China Bank Note of Printing and Minting yang bergaya Eropa klasik dan berbeda dari jenis gedung lain disini. Jadi untuk selingan penulis membuat Live sketch disini.

Sketsa  of China Bank note Printing & Minting

798 Art District

Bagi pecinta seni, jangan sampai melewatkan zona wisata yang satu ini. Layaknya Galeri Nasional di Jakarta, tempat ini juga jadi wadah menampilkan segala hal berbau seni baik indoor maupun Outdoor. Pameran disetiap ruangan dibuka untuk umum dan gratis.

Tak jauh dari 798 Art juga terdapat Universal Park dekat dengan Art Museum of China. Zona ini sangat menyengkan dan menarik untuk dikunjungi karena disepanjang jalan juga terdapat banyak skulptur dan patung-patung juga seni instalasi unik untuk di dokumentasikan.

Namun, sayangnya untuk menjangkau tempat ini cukup rumit. Perlu subway dan beberapa bis. Diantaranya, Naik Subway Line 14 dan berhenti di stasiunWangjing Nan . Keluar Exit B1untuk selanjutnya bisa menaiki bis nomor 403 dan turun di halte Dashanzi Lukou Dong atau bisa jalan sekitar 20 menit ke lokasi 798 Art District.



Banyak Museum lain yang bisa dikunjungi  di Beijing. Diantaranya adalah National Museum of China, China Art Museum, Science and Technology Museum of China, Beijing Ancient Architecture Museum, Beijing Folk Arts Museum, Beijing Liao and Jin City Wall Museum, Beijing Museum of Contemporary Art, Beijing Museum of Natural History, Beijing Planning Exhibition Hall, Capital Museum, China Agricultural Museum, China Civil Aviation Museum, China Museum of Telecommunications, China National Film Museum, dll.

Untuk jam buka patut diperhatikan karena sebagian besar museum tutup di hari senin dan buka dari pukul 09.00-16.30. Perhatikan juga musim-musim saat kapan ramainya museum. Hal ini terjadi saat musim panas, maka jangan heran Beijing dikunjungi lautan manusia.

Jika pengunjung adalah pelajar/mahasiswa, jangan lupakan untuk terus membawa kartu pelajar juga karena sebagian besar tempat wisata di negeri tirai bambu menerapkan sistem potongan harga terkhusus untuk alasan edukasi.  Museum menjadi satu hal atraktif jika sedang mengunjungi suatu kota, jadi tak ada salahnya menghampiri setiap sisi tempat untuk rekaman sejarah suatu ruang sekitarnya, ialah museum tempatnya.

Beijing, 15/01/2017

0 comments:

Copyright © 2013 Re-Write and Re-Sketch