Resensi Buku Master Of Structure

Judul Buku : Master of Structure ( Bangunan dengan Struktur Inovatif terkini)
 Penulis : Sutherland Lyall
 Penerbit : Rajawali Pers
 Tahun : 2006
 Jumlah Halaman : 230
        Dalam buku ini penulis mencoba menjabarkan tentang jontribusi insyinyur sipil itu sendiri terhadap desain suatu bangunan dengan strktur yang ada.

         Selama ini karya arsitektur yang dianggap memiliki bentuk indah adalah yang menggunakan bentuk non orthogonal. (struktur jaringan, grid, shell atau geodesic) Dalam hal ini Ove Arup (seorang insinyur-arsitek) berkata “ Mengapa harus membumikan seorang arsitek padahal anda bisa membawanya terbang ke angan-angan.” Mantra tersebut memang menyejukkan arti. Dalam arti, desain serba luar biasa dari seorang arsitek tidak akan terwujud jadi bangunan seutuhnya tanpa penghitungan struktur seorang insinyur.

          Buku ini, memberikan pandangan unik tentang cara berpikir insinyur sipil agar bisa menciptakan sebuah bangunan dengan desain yang tidak kalah hebatnya, seperti menggunakan desain dengan struktur. Sehingga, buku ini dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang insinyur dalam mewujudkan desain bangunananya sendiri.

          Studi kasus di dalam buku ini memang dibahas per pokok bnagunan namun tidak dibahas perhitunganya secara detail. Pembahasan lebih dinilai secara historis dan universal terhadap bentuk struktur tersebut.

  Oleh : Annisa Dewanti Putri ( Mahasiswa Teknik Sipil 2011 Universitas Negeri Jakarta)

0 comments:

Copyright © 2013 Re-Write and Re-Sketch