Kuliner Kaya Rempah Menggoyang Lidah


Oleh : Annisa Dewanti Putri

Banggalah kita sebagai pemuda  Indonesia, selain kaya akan budaya, Indonesia juga kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah yang bisa menggoyang lidah lewat makanan khas daerah.

            Rempah-rempah, iniliah yang menjadi daya pikat kedatangan Eropa ke negara tercinta kita. Mulai dari Alfonso D’  Albuquerque asal Portugis sampai Spanyol, Belanda, dan Inggris. Kedatangan yang memicu monopoli dan kolonialisasi. Betapa tidak, rempah-rempah di Indonesia benar-benar melimpah. Kita patut bangga.

            Teman-teman, rempah-rempah disini yang  sering kita jumpai adalah merica atau lada, ketumbar, kalabet, jinten, kemiri, kapulaga, cengkeh dan lainya. Semua ini bisa kita rasakan di sebagian besar masakan khas Indonesia. Di pembahasan kali ini, kita mau mencicipi beberapa makanan kaya rempah di beberapa pulau Indonesia. Yuk kita cobain satu persatu.
Makanan Kaya Rempah
            Di pulau Sumatera, ada yang namanya arsik. Arsik ini semacam ikan dengan bumbu santan dan campuran rempah-rempah segar. Menurut tradisi di Tapanuli (Sumatera Utara), pada saat prosesi pernikahan, pihak mempelai perempuan akan memberikan seekor ikan Arsik kepada keluarga pria.
Sumber gambar  : google.co.id

            Lompat ke pulau berikutnya, Pulau Jawa. Di Surakarta, kita bisa coba yang namanya Pecel Ndeso. Menu ini terdiri dari nasi merah yang disiram sambal wijen hitam, ditambah side dish berupa sayuran, bunga turi, serta kembang pisang rebus.

            Makanan kaya rempah di Pulau Kalimantan tidak kalah enak nih sobat Super. Ada Pisang Gapit di Balikpapan (Kalimantan Timur). Ini adalah makanan dessert yang terdiri dari pisang kepok bakar yang disajikan dengan saus gula merah dan santan.

            Nah, kalau dari pulau Sulawesi, yuk kita cobain Sup Brenebon. Sup ini bisa dibuat dengan berbagai macam daging. Ada yang pakai daging ayam atau iga sapi. Makanan khas rempah-rempah ini bisa kita temuin di kota Manado.

            Lompat ke Maluku, mari kita coba Sagu Bakar. Sagu bakar disini beda dengan sagu bakar biasa. Yang satu ini dibuat dengan cara menjejalkan bubuk sagu yang sudah dicampur parutan kelapa ke dalam cetakan yang bernama porna. Untuk pemanis makanan khas ini ditaburi dengan gula Nira.

            Sekarang kita mampir ke pulau Indonesia yang ada di timur. Papua, pemandangan alam disini  sungguh menggoda mata. Bukan Cuma itu, lidah kita juga bisa tergoda dengan Papeda. Makanan khas yang satu ini biasanya menjadi sumber karbohidrat bagi masyarakat Papua layaknya nasi. Papua adalah provinsi penghasil sagu yang merupakan bahan utama bubur dalam Papeda. Papeda biasanya dinikmati bersama kuah asam dan ikan yang semakin menambah nikmatnya santapan.


Sumber gambar : google picture   .
            Nah , kita sudah selesai mencicipi masakan kaya rempah-rempah di Indonesia. Kenyang dan senangnya berada di Indonesia yang penuh dengan masakan khas rempah-rempah. Tapi tunggu dulu, jangan sekedar kenyang dan senang tetapi kita juga perlu menjaga kekayaan budaya Indonesia. Salam lezat.

*Tulisan yang pernah dimuat di Tabloid Suara Pelajar Indonesia, edisi 2, 2012.
            


0 comments:

Copyright © 2013 Re-Write and Re-Sketch