Efek Domino? Siapapun punya Pengaruh

Ilustrasti efek domino. Oleh: Dewan, 2019
Tahukah kalian soal domino yang disusun lalu dengan satu sentilan jatuhnya domino, bisa merambat kepada domino lain hingga akhirnya semua deretan dormino itu jatuh semua. Inilah konsep efek domino yang bisa berdampak pada hal lainnya.

Sama seperti kehidupan,  bsgaikan rantai makanan, berpengaruh. Apapun bentuk hilangnya rantai makanan itu. Semut sekalipun, akan merusak kehidupan Manusia sang penguasa. Tak hanya itu, bahkan sang angin punya peran membuat semua ladang jadi hijau untuk makan para sapi disana.
Tak jauh dari itu, sang batu juga telah mempengaruhi cederanya kaki si kambing yang berlari.

Inilah efek domino, sebuah perubahan yang berpengaruh sekecil atau sebesar apapun itu. Bahkan, sekelas hanya mengatai seorang anak kecil dengan sebutan A, bisa jadi akan terkenang dan merubah perilakunya hingga kelak ia besar dan menjadi pemimpin. Pun, kita tak pernah tau, antara ia berpengaruh menjadi Pemimpin Tirani atau dengan royalitas tinggi.

Mengaitkan ini dengan kondisi negeri. Nyatanya apa yang terjadi kita tak bisa salahkan secara langsung. Dampaknya memang tak terasa ketika di posisi nyaman. Namun sadarkah, dalam ketidkanyamanan, akan ada saatnya jiwa memberontak. Terasa memang tidak akan ada pengaruh hanya karena protes kecil-kecilan.

Namun, dari hal kecil, sadarkah nantinya bisa berujung besar. Hal yang terlihat biasa menjadi luar biasa. Yang luar biasa lalu menjadi hal biasa. Inilah efek domino, satu tindakan apapun yang manusia hasilkan bisa berujung pada masalah dirinya sendiri.

Apatis tidaklah salah, bentuk apapun bisa menjadi solusi dan punya pengaruh tersendiri. Hanya, setiap manusia perlu mengingat bahwa efek domino dunia ini berlaku di lingkaran mana saja. Perubahan apapun sekecil dan sebesar apapun. 

Melihat kondisi ini, Film Cloud Atlas sedikit mewakili keadaan pengaruh era satu dengan lainnya. Karena suatu pemeberontakan oleh seorang, nyatanya dapat memberikan kesejahteraan ke era berikutnya tanpa disadari.

Begitupula pada masa ini, menyuarakan aspirasi atau bahkan sekedar membagikan info dan tautan terlihat sederhana. Tapi, kita perlu ingat bahwa jika lebih dari seorang lanjut melakukannya, maka akan bercabang menjadi seisi dunia dan jangan tanyakan lagi pengaruhnya.

Layaknya efek domino yang menjalar, semua bisa merasakannya.




0 comments:

Copyright © 2013 Re-Write and Re-Sketch