Friday, February 12, 2021

Sketsa untuk National Gathering 2021

 2021. Masuk ke angka tahun baru yang mana ekspektasi banyak orang, tahun ini bisa jadi perbaikan dari tahun 2020 yang menjadi tahun pandemi dan perjuangan dari berbagai manusia yang ada di dunia. Begitupula untuk Indonesias Sketcher. Gathering atau skechwalking yang biasanya dilakukan secara langsung kali ini jadi digelar secara online melalui perangkap zoom.us.Kelebihannya, peserta atau sketchers tak hanya berasal dari daerah tetangga atau Jabodetabek, tapi juga seluruh Indonesia.

Pada 31 Januari 2021 adalah kali kedua dari Online National Gathering yang diadakan oleh Indonesian Sketchers. Aku sebagai admin tentunya ikut meramaikan bersama para seniorku disana melingkupi Om Donal, Mbak Luven, Pak Pongky, Mas Yanuar, Mas Ronald, Mba Arya dkk. Ini adalah kesempatan emas bisa belajar bersama para profesional, sementara kemampuan sketchingku masih lah sebatas amatir dan hobi.

Kembali lagi, karena gathering sketching kali ini bersifat online, maka sekarang telah menarik banyak minat untuk peserta mancanegara. Tersebutlah ada yang dari Malaysia, China, Australia, Taiwan, dll. Mereka ikut bergabung bersama sesi meet up dan sketch on the spot di masing-masing wilayah. Sungguh asyik dan meningkatkan semangat keinginan ku untuk menyeketsa kembali apa yang ada di sekitar.

Sepintas, kami juga belajar untuk berbagi apa yang sudah kami lukis dan bisa ceritakan secara reportase apa yang ada di spot tujuan kita saat itu. Tersebutlah aku saat itu mengambil lokasi menyeketsa di Tahura atau Taman Hutan raya, wilayah bandung. Dua objek yang berhasil ku sketsa, ialah Goa Jepang dan Jembatan Gantung Hutan. Dengan sedikit perjuangan hujan-hujan dan sinyal putus hilang, akhirnya dua objek ini menjadi kisah di balik sketsa yang nampak di buku.

Acara online gathering ini adalah permulaan dari perjalanan yang akan datang berikutnya.  Sebuah komunikasi yang bersifat nasional dan internasional untuk melukis yang ada di penjuru bumi. Inilah Indonesian Sketcher dan Urban Sketcher. "We draw what we witness."


 




0 comments:

Post a Comment