Thursday, October 07, 2021

Kesabaran Serangkaian Proses dalam Kesadaran Sebuah Hasil

 

Kota Tua. Oleh Penulis 2019

Layaknya sebuah gambar atau lukisan yang telah jadi. Dibaliknya, ada proses dimana sang seniman membentuk garis dengan penuh sabar hingga menoreh warna sedikit demi sedikit. Setelah sekian proses garis dan warna, terbentuklah sebuah lembaran masterpiece bernama karya.

Banyak yang tak mengerti, bahwa perjuangan yang dilalui tak nampak semudah yang diperoleh dan dinikmati. Ada yang melihat ia langsung sukses tanpa kendala. Ada yang melihat ia berhasil tanpa melalui masalah. Ada yang terlihat hidupnya lancar tanpa masalah.
Barangkali, terkadang apa yang terbaca dan dialami setiap insan tidak sama dengan yang dialami yang lainnya.

Kita terkadang baru menyadari nikmatnya yang diperoleh ketika mulai merasa kehilangan atau dalam keadaan yang lebih parah. Inilah sentilan, bahwa rasa syukur seharusnya hadir sejak awal sebelum disadari. Proses seharusnya menjadi bagian daripada ujian kesabaran, sebagaimana hasil adalah bonus yang perlu disadari.

Begitupula rencana, ekspektasi dan harapan, semua itu akan mencoba melawan realita atau bahkan justru linier ikut berjalan bersamanya. Disitulah kembali, Hasil sebagai kesadaran akan sebuah kesabaran dari sebuah Proses.

Ialah Allah sebagai sebaik-baiknya perencana. Maka percayalah yang terjadi adalah yang terbaik.

0 comments:

Post a Comment