Wednesday, December 22, 2021

Ruang Peran Facade dalam Muka Bangunan

Facade dalam Bangunan. Sumber: Penulis 2021

Pernahkah mendengar istilah Facade atau tampak depan dari suatu bangunan? Hal ini yang paling menjadi perhatian ketika arsitek mendesain bangunan sebagai bagian daripada eksterior atau jika disederhanakan, adalah ibarat pakaian depan yang digunakan manusia.

Semua yang di bangunan tentunya memilikinya sebagai tampak depan.
Terkadang apa yang kamu lihat membutuhkan identitas. Identitas itu akan nampak dari apa yang terlihat diawal, ialah façade, sebuah tampak pada eksterior yang bisa memberikan kesan awal dari bangunan/rumah kamu dan akan menjadi patokan awal sebelum beranjak ke bagian dalam.

Kenapa penting?
Karena ini adalah titik poin desain yang bisa menggambarkan keseluruhan bagian gaya desain. Sebagaimana artinya yang diambil dari bahasa Perancis, artinya adalah muka. Untuk penghuni dan pengunjung suatu rumah atau bangunan, tentunya akan memberikan impresi pertama pada apa yang tampak sebelum mereka memasuki ruang tersebut. Itulah yang nampak pada bagian depan.

Sementara, bagi sebagian orang yang hanya melintas, barangkali tidak akan sempat untuk menjelajah bagian dalam dari suatu bangunan. Disinilah kesan dari Facade berperan dalam mewakili keseluruhan dalam suatau ruang disana.

Disamping itu, Facade banyak dijadikan acuan untuk rumah cluster dimana keseragaman desain menjadi acuran dalam penggunannya dalam suatu komplek perumahan. Pada umumnya, perubahan dasar Facade tidak diizinkan oleh pihak developer dari rumah cluster dikarenakan itu adalah yang tercatat dalam izin dan mewakili keselurahan Basic Desain.

Untuk itulah, jangan sepelekan sebuah Fasade Bangunan yang bisa menjadi sampul dari rumah tinggal atau tempat kita berkumpul.

 

 


0 comments:

Post a Comment