Friday, July 01, 2022

Data Science untuk Wadah Kelola data Statistik dan Riset

 

Data Science Training oleh MySkill

Pelatihan Data Science yang diadakan oleh MySKill yang diselenggarakan oleh HK Learning centre berbasis pada perkembangan pengetahuan digital dan teknologi. Pelatihan Digital Marketing mengarahkan peserta untuk mengetahui pemanfaatan dan optimalisasi penggunaan media digital untuk keperluan suatu isu di jaringan social dan organisasi baik untuk keperluan kerja, bisnis maupun personal.

Dalam materi awal dijelaskan soal perkenalan terhadap Data Science dan peluang skill apa saja yang bisa dijalankan dari Data Science berikut yang mana melingkupi analisis, modeling, dan testing. Sementara aplikasi dan alat yang bisa digunakan dalam Data Science bisa dengan Pyhton, Rstudi, MySQL, tableau dan Power BI Dekstop, Data studio dan lainnya. Penerapan data sains bisa menghasilkan produk berupa customer segmentation, rekomendasi sistem, product packaging, deteksi untuk penyakit, dan prediksi penjualan. Sementara, peluang skill yang bisa dimanfaatkan oleh seorang Data Scientist bisa kearah Data Analyst, Data Engineer, Business Intelligence, Business Analyst, Machine Learning Engineer, Data Architecture dll.

Pelatihan juga dilengkapi dengan pengenalan terhadap teori dasar statistic yang nantinya akan berguna untuk dasar pondasi implementasi data-data terhadap sistem pemrograman di Data Scientist itu sendiri dimana data bisa diolah menjadi data tersusun dengan menggunakan software pemrograman yang ada baik dari Python, MySQL, Matlab dll, menyesuaikan dengan kebutuhan sang Data Scientist.

Pendetailan dan training disini terkhusus menggunakan Structured Query Language (SQL) dan Python dimana penggunaan synthax atau kode lebih mudah untuk diterapkan dan di running atau dijalankan untuk proses data. Sebagaimana dalam pelatihan SQL adalah pemrograman computer standar yang digunakan untuk berinterakghsi dengan suatu sistem database- atau lebih tepatnya sistem manajemen database relasional. Diantara SQL dan Python ini memiliki command atau komando Bahasa program yang berbeda namun pada prinspinya sama.

Dari hasil pengolahan data statsitik dan lainnya dari SQL dan Python, data-data tersebut juga bisa diopsikan untuk divisualisasi melalui beberapa perangkat seperti google studio, origin, visio dll. Semua ini divisualisasikan dalam bentuk graifk, trend, barchart, radar dll menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dari data yang selanjutnya, dari pelatihan kitab isa belajar untuk mengklasifikasi data tersebut dan membuat pembagian atau clustering dari setiap populasi dan data yang didapatkan dan hendak diolah. Selanjutnya, juga dijelaskan soal machine learning dimana sang program dan mesin data dapat menciptakan polanya sendiri untuk membentuk dan mengolah data dari hasil running dan data yang tersedia. Dalam pelatihan juga terdapat materi soal Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM) ytang mana merupakan metode Data mining dimana ia membagi ke dalam enam fase untuk pembentukan data.

Dalam  pelatihan ini dapat mendukung dan menambah wawasan dalam tata Kelola riset di di bidang statsistik dan pengolahan data secara komperhensif dengan bantuan digitalisasi terkhusus bisa diterapkan di bagian RIset dan Teknologi Divisi Sistem, IT dan RIset dan Teknologi. Dimana peran digitalisasi dan tools digital sangat berperan dalam visualisasi data penelitain dan sebagai wadah dalam transfer knowledge terhadap program-program penelitian, dan transisi pengetahuan keilmuan baik di lingkup internal HK maupun untuk publikasi eksternal. Serta dapat berguna dalam analisis terhadap suatu studi kasus dan penelitian terhadap beberapa objek penelitian yang hendak dikaji.

0 comments:

Post a Comment